Minggu, 28 Februari 2010

ESKUL PASKIBRA SMP NEGERI 1 JUNTINYUAT


SEJARAH PASKIBRA


Pembentukan Pasukan Pengerek Bendera Pusaka Tahun 1967 dan 1968 Tahun 1967, Hussein Mutahar dipanggil Presiden Suharto untuk menangani lagi masalah Pengibaran Bendera Pusaka. Dengan ide dasar dari pelaksanaan tahun 1946 di Yogjakarta, beliau kemudian mengembangkan lagi formasi pengibaran menjadi 3 kelompok, yaitu:

Kelompok 17 / PENGIRING (PEMANDU)
• Kelompok 8 / PEMBAWA (INTI)
• Kelompok 45 / PENGAWAL

Ini merupakan simbol dari tanggal Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 (17-8-45). Pada waktu itu dengan situasi kondisi yang ada, beliau melibatkan
putra daerah yang ada di jakarta dan menjadi anggota Pandu/Pramuka untuk melaksanakan tugas Pengibaran Bendera Pusaka.

Semula rencana beliau untuk kelompok 45 (pengawal) akan terdiri dari para Mahasiswa AKABRI (Generasi Muda ABRI). Usul lain menggunakan anggota Pasukan Khusus ABRI (seperti RPKAD, PGT, MARINIR dan BRIMOB) juga tidak mudah, akhirnya diambil dari Pasukan Pengawal Presiden (PASWALPRES) yang mudah dihubungi dan sekaligus mereka bertugas di Istana Negara Jakarta.

Pada 17 Agustus 1968, petugas pengibar Bendera Pusaka adalah para pemuda utusan propinsi. Tetapi propinsi-propinsi belum seluruhnya mengirimkan utusan sehingga masih harus ditambah oleh ex-anggota pasukan tahun 1967.

5 Agustus 1969 di Istana Negara Jakarta berlangsung upacara penyerahan duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dan reproduksi Naskah Proklamasi oleh Presiden Suharto kepada Gubernur/Kepala Daerah Tingkat I seluruh Indonesia.
Bendera duplikat (dari 6 carik kain) mulai dikibarkan menggantikan Bendera Pusaka pada peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1969 di Istana Merdeka Jakrta, sedangkan Bendera Pusaka bertugas mengantar dan menjemput bendera duplikat yang dikibar/diturunkan.

Pada tahun itu resmi anggota PASKIBRAKA adalah para remaja siswa SMTA se-tanah air Indonesia yang merupakan utusan dari 26 propinsi di Indonesia, dan tiap propinsi diwakili oleh sepasang remaja.
Dari tahun 1967 sampai tahun 1972 anggota yang terlibat masih dinamakan sebagai anggota "Pengerek Bendera".
Pada 1973 Idik Sulaeman melontarkan suatu nama untuk Pengibar Bendera Pusaka dengan sebutan PASKIBRAKA. PAS berasal dari PASukan, KIB berasal dari KIBar mengandung pengertian PENGIBAR, RA berarti BendeRA dan KA berarti PusaKA, mulai saat itu singkatan anggota pengibar bendera pusaka adalah PASKIBRAKA.


sumber : www.mulki.multiply.com 

PASKIBRA SMP NEGERI 1 JUNTINYUAT
 
PASKIBRA PUTRI SMPN1 JUNTINYUAT UNJUK KEBOLEHAN DIDEPAN ADIK-ADIK KELASNYA


SKUAD PEREMPUAN


 

  
PASKIBRA PUTRA SMP NEGERI 1 JUNTINYUAT


SKUAD LAKI-LAKI UNJUK KEBOLEHAN DI DEPAN ADIK-ADIK KELASNYA

untuk melihat lebih banyak photo, silahkan buka (klik) Photo gallery

Mau lihat Video anak-anak PASKIBRA saat mengikuti perlombaan
klik aja gambar dibawah ini

Bisa juga di liat di photo gallery yang di atas
atau klik tulisan ini
Klo mau donlot videonya klik ja tulisan ne dibawah ini :



Itulah sepintas mengenai PASKIBRA SMPN1 Juntinyuat.....
buat Siswa-siswi kelas VII dan VIII kami tunggu latihannya setiap hari Jum'at jam 13.00 WIB Di SMPN1 Juntinyuat.



PENGUMUMAN UNTUK SISWA KELAS IX
Silahkan ambil SOAL dibawah ini, kemudian Print, Kerjakan dan secepatnya di kumpulkan. Semakin cepat, semakin baik. Jawaban dikumpulkan paling lambat tanggal 8 Maret 2010.
Untuk mendownload soal ulangan, Klik gambar diatas, dan ikuti langkah-langkahnya


Jika tidak berhasil, silahkan coba klik hyperlink yang ada dibawah ini :
Download SOAL TIK 
Download SOAL TIK

0 komentar:

Posting Komentar

Trimaksih atas masukan dan comentarnya
bye:
Admin